Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

TNI AL LANAL BENGKULU AWALI PANEN RAYA SORGUM PERTAMA KALINYA DI PROVINSI BENGKULU

MataDian.Com, Bengkulu – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab II Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Dyah Ayu Pradnyana memimpin panen raya sorgum di lahan program ketahanan pangan Mako Lanal Bengkulu, Jumat (17/02/2023).

Panen raya sorgum yang dilakukan pertama kalinya di Bengkulu ini untuk memberikan contoh dalam memanfaatkan lahan untuk ketahanan pangan dan dapat meningkatkan perekonomian petani di wilayah Binpotmar Lanal Bengkulu. Sorgum itu sendiri merupakan sumber makanan alternatif dari biji-bijian yang dapat menggantikan gandum, beras dan jagung serta bermanfaat untuk mengurangi peradangan, mencegah kanker, dan baik untuk pencernaan.


Danlanal Bengkulu mengatakan, sesuai perintah Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali, panen sorgum ini merupakan bagian dari keikutsertaan TNI angkatan Laut khususnya Lanal Bengkulu dalam mendukung Program Pemerintah untuk menjadikan sorgum sebagai tanaman pangan alternatif.
Danlanal berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat dan juga sebagai contoh bagi masyarakat sekitar untuk ikut serta memberdayakan lahan tidur serta membudidayakan sorgum, sebagai salah satu upaya dalam ketahanan pangan.
Diketahui, tanaman sorgum ini merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, bahan baku industri dan pakan ternak. Sorgum adalah biji-bijian yang sama baiknya seperti gandum, beras dan jagung sebagai bahan pangan yang berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi dan jelai, pungkas Danlanal.
Turut hadir dalam kegiatan panen raya tersebut Palaksa Lanal Bengkulu, para Perwira Staf, seluruh Prajurit Bintara, Tamtama dan PNS serta Pengurus Jalasenastri Cabang 4 Korcab II DJA I.
(PenLanalBku)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku