Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

DANREM 041/GAMAS PIMPIN UPACARA PEMBERANGKATAN SATGASPAM PULAU TERLUAR ENGGANO

MataDian.Com, Bengkulu –  Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen Pimpin Upacara pemberangkatan Satgas Pengamanan Pulau Terluar Enggano, Jumat (09/06/2023).

Pulau Enggano merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu dengan luas 397,2 km2 memiliki kepadatan penduduk 6,71 jiwa/km2. Enggano memiliki potensi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). Selain itu Enggano memiliki potensi Perkebunan rakyat dari berbagai jenis diantaranya cokelat, melinjo, cengkeh, kelapa, kopi dan buah-buahan dan yang paling dominan hasil perkebunan masyarakat Enggano adalah Pisang.

Dari segi geografi kepulauan Enggano merupakan kepulauan terluar Provinsi Bengkulu yang berada di Samudera Hindia. Oleh karena itu sudah tepat bila wilayah kepulauan ini ditempatkan Satgaspam pulau terluar untuk menjaga kedaulatan negara dan melaksanakan pembinaan wilayah.

Adapun jarak dari pusat Kota Bengkulu ke pulau Enggano sejauh 90 mil laut atau 156 kilometer , transportasi dapat melalui jalur Laut dan Udara, dimana melalui jalur laut menggunakan ( Kapal Fery) KM Raja Enggano dengan waktu tempuh selama 12 jam dan bila menggunakan transportasi udara ( Pesawat ) memakan waktu 1 jam.

Sebagaimana yg tercantum dlm Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (1), tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara, termasuk di dalamnya masyarakat Pulau Enggano.

Danrem 041/Gamas merupakan Komandan Kolakops Satgas Pulau terluar Enggano pada hari ini memimpin pelaksanaan upacara pemberangkatan personel satuan tugas pengamanan pulau terluar ke pulau Enggano. Adapun personel yang diberangkatkan satgas pengamanan pulau terluar sebanyak 33 orang berasal dari satuan jajaran Korem 041/Gamas. Personel yang diberangkatkan merupakan prajurit yg sudah disiapkan sehingga dinyatakan memenuhi persyaratan baik dari aspek Kesehatan, Jasmani dan Psikologi.

Dalam amanat Danrem 041/Gamas yang dibacakan oleh Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Anhar Premana, S.E., M. M. menyampaikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat kepada TNI sangat tinggi oleh karena itu kepada seluruh personel satgas saya berharap agar selalu menjaga disiplin prajurit, utamakan keamanan dan keselamatan selama melaksanakan tugas. Junjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Selaku Dankolaops Danrem juga mengingatkan kepada seluruh personel Satgas agar segera beradaptasi dengan lingkungan dan budaya masyarakat disana sehingga mampu berinteraksi dengan masyarakat, ingat pepatah mengatakan “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.”

Kegiatan ini dihadiri oleh Para Kasi Kasrem 041/Gamas, Dandim 0407/KB , Dandim 0423/BU, Dan/ Kadisjan jajaran Korem 041/Gamas serta para Kabalak Korem 041/Gamas.

*( Penrem041)*

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku