Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku Alaku Alaku Alaku

Kembangkan Destinasi Wisata Melalui Bumdes, Dan Ciptakan Desa Cerdas

MataDian.Com – Destinasi Wisata Desa Penembang, terletak di Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) Provinsi Bengkulu. Saat ini semakin banyak dikunjungi wisata. Baik wisata lokal maupun dari luar.

Dikatakan Kepala Desa Penembang Suandi, destinasi wisata yang ada di Desa penembang akan terus kami olah dan dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Yang kami beri nama Bumdes ‘Citra Usaha Ite Besamei’.

“Banyaknya wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata Penembang, kami semakin terpacu untuk mengolah dan memperbaiki pasilitas. Seperti perbaikan jalan wisata, tempat mandi, dan tempat – tempat penginapan. Semuanya itu kami kelolah melalui Bumdes,” jelas Kades Suandi.

Selanjutnya, selain peningkatan sarana dan prasarana wisata yang semakin ditingkatkan, desa Penembang saat ini akan menggalakan dunia pendidikan. Melalui dunia digital. Dengan menciptakan Penembang sebagai desa cerdas. Yang sudah di sosialisasikan.

“Kita ditahun ini tergabung dalam desa cerdas. Alhamdulillah ditahun 2022 ini sudah di SK kan,” ujar Kades. Sehingga untuk kedepannya, anak – anak pelajar yang masih dibawah umur (SD), tidak merasa kesulitan melakukan ujian melalui dunia Internet. .

“Selama ini mereka tidak mengenal dunia Komputer, Internet, sekarang sudah kami pasang Wifi, sehingga untuk kedepannya tidak merasa kesulitan lagi untuk melakukan ujian secara Nasional,” sampai Kades.

Ditambahkan Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bengkulu Tengah Sandarman, S. Sos, M. Si menyampaikan, bahwa penataan dan kepengurusan desa secara regulasi harus dibawah Bumdes. Dan semua unit usaha desa melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Alhamdulillah, pada tahun 2021 desa Penembang mendapatkat juara 2 lomba wisata tingkat Provinsi,” ungkap Sandarman.

Untuk kedepannya, dengan diraihnya juara ke 2 pada lomba wisata tingkat Provinsi, desa Penembang dapat dijadikan contoh tauladan bagi desa – desa yang lain di Kabupaten Bengkulu Tengah, pungkas Sandarman. (Dian)

 

 

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku