Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Membagi Rasa Kebahagiaan Dan Kemenangan Di Hari Raya

Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M. Tr (Han), Saat memberikan Zakat Fitrah Di Moshollah Darul Falah

MataDian.Com – Komandan Korem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr. ( Han ) menyerahkan Zakat Fitrah bertempat di Mushollah Darul-Falah Korem 041/Gamas Jl. Pembangunan No.3 Padang Harapan Kota Bengkulu, Kamis ( 20/04/2023 )

Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan. Sebagai salah satu rukun Islam, Zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf).
Zakat berasal dari bentuk kata “zaka” yang berarti suci,baik,berkah,tumbuh,dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5)

Makna tumbuh dalam arti zakat menunjukkan bahwa mengeluarkan zakat sebagai sebab adanya pertumbuhan dan perkembangan harta, pelaksanaan zakat itu mengakibatkan pahala menjadi banyak. Sedangkan makna suci menunjukkan bahwa zakat adalah mensucikan jiwa dari kejelekan, kebatilan dan pensuci dari dosa-dosa.
Waktu tetap bergulir tanpa terasa tepat nya di hari ke 29 setelah menjalani bulan Ramadhan Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr. ( Han ) melaksanakan penyaluran Zakat Fitrah tahun 2023.

Kegiatan penyerahan Zakat Fitrah Anggota Korem 041/Gamas diserahkan langsung oleh Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr. ( Han ) kepada semua penerima zakat dari kaum dzu’afa dan fakir miskin sekitar Makorem 041/Gamas.
Dalam kesempatan ini Danrem 041/Gamas mengatakan pemberian zakat fitrah ini merupakan perwujudan dari rasa kepedulian anggota Makorem 041/Gamas beserta keluarganya kepada warga masyarakat yang berhak menerima dengan dapat membantu meringankan dan mencukupi kebutuhan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah nanti. Dan kepada Amil zakat agar benar-benar menyalurkan Zakat Fitrah yang terkumpul kepada mereka yang berhak menerima.

Kegiatan zakat fitrah ini disamping kewajiban bagi umat Muslim dalam satu tahun satu kali, juga bertujuan untuk mempererat rasa persaudaraan, memupuk kebersamaan serta menyambung tali silaturahmi diantara keluarga besar Makorem 041/Gamas dengan warga masyarakat, sehingga persatuan dan kesatuan dalam memperkuat ukuwah Islamiah akan lebih kokoh dan kuat. Zakat fitrah yang di salurkan ini adalah penerimaan zakat fitrah anggota Korem 041/Gamas dengan anggota beserta isteri ataupun suami. Penyerahan ini dilaksanakan oleh Danrem 041/Gamas kepada yang berhak menerima ( Mustahik) adapun sasaran penyaluran ini diserahkan kepada Panti Asuhan, Tukang Sapu, Warakawuri dan Amilin.

Kegiatan ini dilaksanakan seminggu sebelum bulan ramadhan berakhir dengan dimulai acara Pembukaan, Penyerahan zakat dan Doa. Seperti kita ketahui bahwa bulan ramadhan ini disebut bulan penuh berkah, dimana moment ini terus dimanfaatkan umat muslim untuk terus menerus meningkatkan amal dan perbuatan dalam hal kebaikan dengan mengharapkan pahala dan ridho-Nya karena dibulan Ramadan ini setiap amal dan perbuatan yang sesuai dengan tuntunan Rasul akan digandakan nilai pahalanya. Untuk itu , tak heran jika setiap umat muslim akan semakin meningkatkan amal ibadah mereka baik yang wajib maupun yang sunnah.

Memberi dengan senang hati dan tulus ikhlas serta sangat bermanfaat bagi sesama merupakan wujud kerelaan dari pribadi seseorang juga kebiasaan baik dalam kehidupan manusia. Karena hal ini akan menumbuhkan rasa impati dan rasa kasih sayang bagi sesama manusia. Jadikanlah segala sesuatu kegiatan di bulan Ramadhan berkesan agar mendapat pahala berlipat ganda dan sedekah berbagi rezeki sehingga bisa menambahkan kenikmatan , bisa membantu sesama terlebih khusus bagi umat muslim yang kurang mampu secara ekonomi dalam menjalankan ibadah puasa terutama dalam menyongsong hari raya Idul Fitri 1444 H. Dan semua pihak yang telah menerima zakat fitrah ini sangat merasa senang dan bahagia serta tak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada Danrem 041/Gamas.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M. Tr. ( Han), Para Kasi Kasrem 041/Gamas, Kapenrem 041/Gamas, Pabintalrem 041/Gamas dan Penerima Zakat Fitrah.

*( Penrem041)*

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku