Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Tingkatkan Minat Gemar Makan Ikan, TP PKK Bengkulu Gelar Lomba Masak Serba Ikan

MataDian.Com – Tingkatkan minat masyarakat gemar mengkonsumsi ikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Bengkulu dan Bengkulu Ekspress Group menggelar lomba masak serba ikan, Rabu (10/8/2022) di halaman Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkulu.

“Lomba berbahan dasar ikan ini dalam rangka meningkatkan sekaligus mempercepat gerakan gemar makan ikan. Lomba ini dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Bengkulu berkerjasama dengan Kabupaten/Kota dan Bengkulu Ekspress,” jelas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sekaligus membuka lomba secara resmi.

Selain dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, lomba masak serba ikan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Di mana dalam lomba ini terdapat tiga katagori masakan olahan serba ikan. Di antaranya masakan konsumsi keluarga, konsumsi balita dan kudapan.

“Saya kira ini wujud syukur kita atas HUT ke 77 RI. Ini kita rayakan secara bersama – sama, kita kelola potensi alam yang kita punya dan pada akhirnya tujuan untuk menciptakan generasi masa depan yang sehat, cerdas itu ketika mengkonsumsi ikan dengan jumlah cukup,” papar Gubernur Rohidin.

Sejalan dengan itu Ketua Tim Penggerak PKK Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin mengungkapkan bahwa ikan memiliki banyak gizi yang baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, yang baik untuk mencegah terjadinya stunting.

“Harapannya, terciptanya menu kreasi dengan bahan dasar ikan, supaya masyarakat kita gemar makan ikan, karena ikan merupakan salah satu sumber protein dan memiliki kandungan gizi yang tinggi, baik juga untuk mencegah terjadinya stunting, karena menjadi lebih sehat,” papar Derta.

Pada perlombaan ini juga akan diberikan Piala Bergilir bagi peserta yang mengumpulkan poin paling besar dari ketiga kategori yakni pada masakan keluarga, makanan balita dan kudapan. Derta pun berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.

“Piala bergilir untuk support ibu – ibu agar semangat mengikuti lomba, bisa menciptakan kreasi masakan ikan yang lebih variatif lagi, juga menarik masyarakat, Insyaallah setiap tahun kita laksanakan,” jelas Ketua PKK Derta Wahyulin Rohidin.

General Manager (GM) Harian Bengkulu Ekspress Suherdi Marabillie yang juga merupakan ketua panitia, menuturkan lomba masak serba ikan ini diikuti oleh 50 kelompok peserta. Dari TIM PKK Kabupaten/Kota, Dharma Wanita Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Bengkulu, Dharma Wanita OPD Pemprov Bengkulu dan Organisasi Wanita lainnya di provinsi Bengkulu.

“Ada 50 tim, satu tim terdiri dari 2 orang, jadi ada 100 orang peserta. Dipilihnya ikan sebagai bahan utama karena Bengkulu salah satu provinsi penghasil ikan. Ini juga upaya kita menyemarakkan dan mengkampayekan gemar makan ikan,” tutur Suherdi.

Tampil sebagai juara umum pada gelaran Lomba Masak Serba Ikan kerjasama Tim Penggerak PKK dan Bengkulu Ekspress Group ini Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong dengan perolehan poin sebesar 1675. Piala bergilir diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku