Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Bumdes Mart, Solusi Pinjaman Bagi Masyarakat

MataDian.Com – Desa Sidodadi merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Pondok Kelapa kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) Provinsi Bengkulu. Berdiri sejak tahun 1969.

Dahulu penduduknya hanya sekitar 200 Kepala Keluarga. Berasal dari masyarakat Jawa, bertransmigrasi ke Bengkulu, ungkap Kepala Desa. ‘Muslih’.

Semakin berkembangnya waktu, kini penduduk Desa Sidodadi semakin bertambah.”Alhamdulillah sudah mencapai 700 Kepala Keluarga (KK). Dengan jumlah Jiwa mencapai 2300,” jelas Muslih.

Tentunya dengan bertambahnya jumlah jiwa, aktivitas masyarakat semakin multi majemuk. “Ada Petani Karet, Sawit, bersawah, Palawija. Dan sebagian ada yang bekerja sebagai Bangunan. Alhamdulillah pada saat ini sudah berkehidupan sangat layak,” tambah Muslih.

Selanjutnya Muslih mengatakan, Desa Sidodadi sudah berstatus ‘Desa Mandiri’. Kemudian, dengan bestatus desa Mandiri, Desa Sidodadi sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang bernama ‘Cahaya Berkarya’. Dengan adanya Bumdes, dari tahun 2019 hingga sekarang Pemerintah Desa mulai mengucurkan Dana Desa melalui Bumdes.

“Melalui usaha Bumdes, masyarakat melakukan aktivitas penggemukan sapi. Untuk tahun 2022 ini, difokuskan pada bentuk pinjaman uang. Dengan mendirikan Bumdes Mart,” ujar Muslih.

Lanjut Muslih, difokuskannya Bumdes Mart bertujuan membantu solusi bagi masyarakat Sidodadi. Agar jangan meminjam uang ditempat lain apa bila sedang membutuhkan.

“Saya membantu meringankan beban masyarakat. Apabila membutuhkan pinjaman Uang, jangan melalui wadah yang lain. Karena bunganya lumayan tinggi. Dengan melalui Bumdes Mart, pinjaman uang bagi masyarakat tidak di pungut bunga sedikitpun,” pungkas Muslih. (Dian)

 

 

 

 

 

 

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku