Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Dispora Bengkulu Tengah Gelar Lomba Senam Benteng untuk Peringati HUT Kabupaten ke -16

Lomba Senam Dalam Rangka HUT Kabupaten Benteng Ke – 16 Tàhun 2024. Rabu, (05/05/2024). (Dian/MataDian.Com).

MataDian.Com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Bengkulu Tengah, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar Lomba Senam Benteng tingkat pelajar.

Acara ini diadakan di halaman Kantor Bupati Bengkulu Tengah pada Rabu (05/06/2024) dan berhasil menarik perhatian banyak pihak.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Pj Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heriyandi Roni, M.Si., Asisten, Staf Ahli, Ketua DWP Bengkulu Tengah Dr. Dharmarini Rachmat, Ketua Tim Penggerak PKK Bengkulu Tengah, Kepala Dispora Bengkulu Tengah Eddy Susila, S.STP., M.Si., beserta jajarannya, serta tamu undangan lainnya.

Peserta Lomba Foto Bersama Penjabat Bupati Kabupaten Benģkulu Tengah. (Dian/MataDian.Com).

Senam Benteng adalah senam kreasi khas Kabupaten Bengkulu Tengah, yang menggabungkan gerakan olahraga dengan tarian daerah. Senam ini merupakan hasil ide dan pemikiran Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkulu Tengah, yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya lokal melalui olahraga.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Heriyandi Roni menyampaikan bahwa tujuan utama dari Lomba Senam Benteng ini adalah untuk mempopulerkan senam Benteng dan menjadikannya ikon daerah. “Kita tentu bangga karena terus berupaya menciptakan kekhasan yang ada di daerah kita. Salah satunya adalah melalui upaya mengkreasikan senam dengan lagu daerah Kabupaten Bengkulu Tengah yang sudah menggema sejak dulu dan diciptakan oleh almarhum M. Sabri,” ujarnya.

Heriyandi Roni juga menambahkan bahwa harapannya, gerakan senam Benteng tidak hanya dikenal di tingkat provinsi, tetapi juga dapat dikenal di tingkat nasional bahkan internasional. “Silakan ikuti kegiatan ini dengan penuh kegembiraan, suka cita, dan kesemarakan. Teruslah memperkenalkan dan mensosialisasikan gerakan senam Benteng ini lebih jauh,” tambahnya.

Kompetisi ini dinilai oleh empat juri yang berasal dari berbagai latar belakang, yaitu perwakilan Dispora Bengkulu Tengah, Studio Yeti Haris, Dinas Kesehatan Bengkulu Tengah, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Tengah. Keberagaman latar belakang juri ini memastikan penilaian yang adil dan komprehensif terhadap peserta lomba.

Peserta lomba senam Benteng terdiri dari 14 sekolah SMP dan SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah. Berikut adalah daftar sekolah yang berpartisipasi dalam lomba tahun 2024 ini:

1. SMPN 14 Benteng
2. SMPN 29 Benteng
3. SMPN 05 Benteng
4. SMAN 1 Benteng
5. SMPN 4 Benteng
6. SMPN 1 Benteng
7. SMAN 2 Benteng
8. SMAN 4 Benteng
9. SMAN 6 Benteng
10. SMPN 24 Benteng
11. SMPN 3 Benteng
12. SMPN 9 Benteng
13. SMAN 5 Benteng
14. SMPN 7 Benteng

Seluruh peserta menunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi selama berlangsungnya kompetisi. Lomba ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana bagi para pelajar untuk mengekspresikan kreativitas dan kebanggaan terhadap budaya daerah mereka.

Kepala Dispora Bengkulu Tengah, Eddy Susila, S.STP., M.Si., menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh peserta dan pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini. “Kami sangat mengapresiasi partisipasi dan antusiasme para pelajar. Semoga dengan adanya lomba ini, senam Benteng semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin tahunan yang terus berkembang dan meningkatkan kualitas serta jumlah partisipasi dari tahun ke tahun. Selain itu, lomba ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengembangkan kegiatan serupa yang mengangkat kekayaan budaya lokal mereka.

Lomba Senam Benteng tidak hanya sekadar ajang untuk merayakan HUT Kabupaten Bengkulu Tengah, tetapi juga menjadi momentum penting dalam memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal melalui olahraga. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan senam Benteng dapat semakin dikenal dan menjadi kebanggaan bersama masyarakat Bengkulu Tengah.

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku