Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Kedaulatan Pangan Melalui Kerjasama, Sinergitas dan Kolaborasi

MataDian.Com, Bengkulu – Komandan Korem 041/ Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr.(Han) di dampingi Bupati Seluma Erwin Octavian, S.E memimpin Panen Raya Perdana Jagung Program ketahanan Pangan Kodim 0425/Seluma TA. 2022, bertempat di Desa Talang Saling, Kecamatan Seluma , Kabupaten Seluma, Senin (12/12/2022).

Ketahanan Pangan Kunci Hadapi Potensi Krisis Global , untuk itu Pemerintah melakukan berbagai upaya mendorong ketahanan pangan melalui berbagai strategi dan kebijakan, Ketahanan pangan bukan hanya menjadi prioritas tapi juga menjadi target kesejahteraan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat, oleh karena itu Pemerintah telah merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan penguatan Ketahanan Pangan Nasional,” Sedangkan dari aspek kelembagaan, upaya yang dilakukan Pemerintah adalah dengan membentuk Badan Pangan Nasional melalui penerbitan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021. Lembaga ini diberikan kewenangan terkait pengelolaan cadangan pangan Pemerintah, pelaksanaan kegiatan stabilisasi pasokan dan harga, penguatan sistem logistik pangan, pengentasan wilayah rentan rawan pangan, pengembangan penganekaragaman pangan dan pengembangan potensi pangan lokal.

Acara panen raya ini diawali sambutan Bupati Seluma dalam sambutannya menyampaikan salam dan rasa hormat serta bangga atas kehadiran Danrem 041/Gamas ke Kabupaten Seluma. Sesuai dengan instruksi pemerintah agar mempersiapkan pangan ditingkat kabupaten dan Seluma telah bersinergi dengan forkopimda mengajak dan mengkampanyekan kegiatan ketahanan pangan tentunya untuk menurunkan inflasi, hari ini kita melaksanakan panen jagung dan minggu yang lalu telah menanam kacang tanah dari dinas hanpangan ini juga untuk mendorong pada seluruh masyarakat di kabupaten seluma

Lanjut bupati bahwa Kabupaten Seluma memiliki 5 program dan sekarang ini sedang dilaksanakan antara lain :
1. Seluma seribu jalan mulus.
2. Seluma desa kelurahan maju
3. Seluma Melayani
4. Seluma mudah berpartisipasi
5. Seluma Beragama dan berbudaya
Kegiatan ini sudah barang tentu dapat terlaksana atas kerjasama unsur forkopimda kabupaten Seluma.
Diakhir sambutannya bupati berharap kepada Danrem 041/Gamas untuk dapat datang kembali melaksanakan kegiatan Panen raya atau kegiatan menanam diwilayah Kabupaten Seluma.

Disisi lain Pemerintah juga melakukan diversifikasi pangan lokal dengan meningkatkan produksi jagung, sorgum, sagu, dan singkong melalui perluasan lahan dan pembukaan area baru dalam rangka peningkatan produksi sebagai alternatif bahan pangan impor.

Selaras dengan program ini TNI salah satu institusi yang telah mengambil langkah dalam mendukung program pemerintah ini lebih khusus TNI AD telah menindaklanjuti program Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S. E., M. M. diantaranya Pemanfaatan Lahan Tidur, Manunggal Air, Penurunan Stunting dan Kampung Pancasila ini merupakan program unggulan bapak Kasad bahkan yang terakhir program Babinsa Masuk Dapur.
Semuanya ini merupakan bagian kontrol demi kesejahteraan rakyat dan merupakan karya nyata yang telah dilaksanakan oleh TNI AD.

Sebagai wujud karya nyata dari program tersebut pada pagi ini jajaran Korem 041/Gamas melaksanakan panen raya jagung. Dalam sambutan Danrem 041/Gamas, menyampaikan salam dan sapa kepada Bupati Seluma serta unsur forkopimda Kabupaten Seluma, untuk menghadapi krisis global sekarang ini yang sudah beredar dalam media perlu diantisipasi agar tidak terjadi kekurangan pangan. Dan kita monitor disetiap wilayah berupaya bagaimana untuk mempunyai ketahanan pangan dan pada hari ini kita melaksanakan Panen Raya Jagung Program Ketahanan Pangan Kodim 0425/ Seluma TA. 2022, kegiatan ini merupakan salah satu program ketahanan Pangan dari TNI AD untuk masyarakat, sebagai informasi yg didapat bahwa Kabupaten seluma surplus tidak kekurangan. Diingatkan kepada Dandim dan babinsa agar meyakinkan masyarakat nya jangan sempat kita surplus mereka hanya bisa makan satu kali. Kegiatan sekarang bukan era formalitas atau pencitraan tetapi era terjun ke lapangan.
Bila dibandingkan dengan negara lain bahwa indonesia negara yang sangat kaya tanahnya subur bila diolah pertaniannya dengan baik yakinlah negara kita tidak akan kekurangan pangan.
Hanya kita kurang menggunakan riset yang terus menerus seperti negara lain hingga dapat meningkatkan hasil secara berkelanjutan dan apabila ini dilakukan dengan serius saya yakin tidak ada di Indonesia ini yang kelaparan.

Disampaikan lagi apabila kita berbuat selalu dengan tulus dan tidak mengharapkan terimakasih itu akan lebih bahagia karena di era sekarang ini dalam media massa banyak mengklaim ,menjustice. Hoax apa yang dilakukan pasti salah banyak yg commant biarkan saja yang terpenting bagaimana kita mencapai untuk tujuan.

“Program ini dibuat sebagai contoh kepada masyarakat lainnya dengan harapan dapat menindaklanjuti dengan cara membuka lahan tidur dan mengembangkannya, Langkah seperti ini akan dapat meningkatkan dan memulihkan perekonomian masyarakat.
Selain itu Danrem juga berharap dengan panen raya jagung ini, dapat memberikan motivasi kepada masyarakat lainnya untuk menekuni bidang pertanian, agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menguatkan ketahanan pangan di wilayah untuk mencegah terjadinya krisis pangan dampak dari Pandemi Covid-19.

“Kedepan semoga Kabupaten Seluma menjadi contoh terkait penanaman jagung ini dan bisa kerja sama antara Kodim, Dinas pertanian dan Instansi terkait lainnya untuk memajukan Kabupaten Seluma dan dalam panen Raya ini dengan lahan seluas 5 Hektar Benih Jagung Hibrida NK 7328 Sumo.

Diakhir sambutannya Danrem menjelaskan sebagai wejangan/ gambaran sifat sifat yang dimiliki manusia Ketika pola pikiranmu salah, sikapmu akan salah, ketika sikapmu salah kebiasaan mu akan salah ,ketika kebiasaanmu salah respon dan keputusanmu akan salah dan terakhir tindakanmu akan salah
Oleh karena itu Indikator nya apabila pola pikir kita benar indikatornya kita bergerak kearah yang lebih baik serta ditutup dengan mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada Bupati Seluma dan unsur Forkopimda Kabupaten Seluma atas dukungan dan kerjasama yang telah terjalin selama ini sehingga dalam upaya menyukseskan kedaulatan pangan bagi masyarakat Bengkulu dapat tercapai dengan baik.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr (Han), Bupati Seluma Erwin Octavian, S.E., Dandim 0425/Seluma Letkol Inf Syafrinaldi, S.E., Dandenpom II/1 Bkl, unsur Forkopimda Kab. Seluma serta Masyarakat Kel. Talang Saling Kec. Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu

(Penrem041)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku