Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Kepeloporan Pemuda Selalu Tampil Sebagai Kekuatan Penentu

MataDian.Com, Bengkulu – Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr ( Han) memberikan kuliah umum kepada Siswa/Siswi SMA/SMK Se-Kab.Seluma bertempat di Aula PGRI Seluma. Talang Saling, Kec. Seluma, Kab. Seluma, Senin (12/12/2022).

Kecerdasan dan keterampilan dapat ditemukan dalam dunia pendidikan.
Semangat belajar serta mengaplikasikan antara teori dan praktek menjadi ukuran sejauh mana pemahaman yang di dapat.
Berbagai materi pelajaran yang sudah diterima oleh siswa dan siswi setingkat SMA sederajat perlu membutuhkan pengembangan wawasan sebagai generasi muda untuk dapat menentukan arah masa depan secara baik serta bijak.
Bahkan perlu dilakukan penguatan untuk lebih meyakinkan kedewasaan serta kepercayaan diri sebagai generasi muda.
Kondisi dan keadaan ini membutuhlan keperdulian kita salah satu kepedulian dan perhatian pagi ini Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M. Tr ( Han) menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan pihak Sekolah SMA /SMK Se- Kab Seluma dan disambut oleh Ketua PGRI Seluma., para Kepala sekolah, para guru dan staf serta para Siswa/Siswi SMA.

Dalam kesempatan ini
Danrem 041/Gamas mengerikan Sosialisasi pendidikan karakter Bela Negara dan kebangsaan kepada ratusan pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Seluma berupa pemberian materi Membangun Jati Diri Yang Berkarakter Dan Berintegeritas dimana materi ini merupakan bagian dari Penguatan Bela Negara Bagi Generasi Muda dengan Melalui Kegiatan Penguatan Bela Negara Bagi Generasi Muda, Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air, Semangat Nasionalisme , Dan Menanamkan Kembali Nilai-Nilai Luhur Pancasila ” ini kali yang pertama dilaksanakan
Danrem 041/Gamas dimana sekaligus bersilaturahmi dengan SMA se Kab. Seluma.
Pengutan bela negara ini diikuti siswa dan siswi SMA /SMK se-Kab. Seluma.
Sebelum memberikan materi Danrem 041/Gamas menyampaikan sambutan yang diawali dengan ucapan syukur dan sapa kepada Kadisdiknas, Sekdis, para kepala sekolah dan para guru serta para undangan.

Danrem 041/Gamas terlebih dulu menyampaikan rasa syukur boleh berada di gedung PGRI Seluma dan dapat bertatap muka dengan para guru dan siswa sekalian. Dilanjutkan dengan memperkenalkan diri dan menjelaskan Riwayat Hidup (Biodata) baik dalam kehidupan di sipil dan militer.
Para Siswa/Siswi merupakan generasi harapan bangsa yang kelak akan menggantikan para pemimpin bangsa sehingga terus di pupuk dalam pola pikir dan wawasan kebangsaan dalam kesatuan dan persatuan Indonesia, Penuh innovasi dan kreasi dalam pembangunan bangsa.
Dimana peran pemuda saat ini Mengingatkan bagaimana perjuangan bangsa indonesia yang memiliki semangat kebangsasn dalam perjuangan kemerdekaan, kepeloporan pemuda selalu tampil sebagai kekuatan penentu.
Latar belakang boleh berbeda tetapi karena senadib sebagai bangsa yang terjajah mereka menyatukan diri sehingga dengan demikian jangan sampai terjadi perpecahan dan perang saudara.

Oleh karena itu Danrem menggugah dengan memberikan pembekalan wawasan Kebangsaan dimana diperlukan pemuda yang memiliki Karakter dan Integeritas yang berwawasan kebangsaan agar dapat menangkal faktor negatif baik yang datang dari diri sendiri maupun dari luar diri seseorang juga menyampaikan, kita harus mengenal diri kita sehingga dengan sendirinya dapat mengenal serta memiliki karakter dan integeritas yang terpuji.
Bilamana dengan terbangunnya hal tersebut diatas sudah merupakan indikator untuk mewujudkan generasi tangguh, unggul dan bermutu menuju Indonesia emas 2045 harus kokohkan persatuan dan perkuatan Jiwa Nasionalisme serta pegang teguh nilai-nilai Pancasila

“Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus selalu disiplin, disiplin itu akan tertanam dalam diri sendiri apa bila benar-benar kita laksanakan dengan baik. Kita sebagai generasi penerus, tugasnya sekarang mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan menuju Indonesia emas tahun 2045”paparnya.
Dan terakhir Danrem berpesan kepada siswa dan siswi sebagai generasi penerus harus rajin belajar dan ibadah.
“Hormati orang tua dan para guru serta jangan bermain dengan narkoba, karena narkoba dapat merusak semua sendi kehidupan kita.
Dan diakhir sambutannya Danrem mengajak seluruh siswa dan siswi untuk selalu memegang teguh bahwa NKRI adalah Harga Mati.

Sebelumnya Ketua PGRI Seluma dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas berkenan bapak Danrem bersilaturahmi dan memberikan materi
*Membangun Jati Diri Yang Berkarakter Dan Berintegeritas* kepada siswa dan siswi SMA/SMK se-Kab. Seluma , ini suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami.
Lanjut ketua PGRI Seluma sekarang ini telah terjadi pergeseran nilai-nilai Karakter pada siswa dan siswi disekolah yang indikatornya terlihat dari sikap dan perilaku sehariannya Bahkan lebih dari itu yang memperlihatkan lunturnya etika sebagai anak didik diswa dan siswi serta Peradaban yang sudah sangat berbeda. Perbandingannya dulu kita segan dan sangat menghargai guru, ini lah dampak dari pergeseran nilai nilai karakter. Digambarkan oleh Kadisdiknas tidak ada seorang perdana menteri, Danrem, Gubernur, Kadisdiknas dan pejabat lainnya yang hebat tanpa Guru.

Lanjutnya dengan kehadiran Danrem ke sekolah ini kami sangat berharap dapat memberikan wejangan, pandangan, pembinaan, motivasi dan inspirasi yang berkaitan dengan pembentukan karakter nilai-nilai Pancasila kepada siswa dan siswi SMA se-Kab. Seluma dalam mencapai cita-citanya.
Adapun susunan acara pemberian materi ini yaitu : Pembukaan , Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Do’a, Sambutan Kadisdiknas provinsi Bengkulu, Sambutan Danrem sekligus pemberian materi diawali Pemutaran video singkat profil Danrem 041’Gamas, Diskusi & Tanya jawab, Menyanyikan lagu Bagimu Negeri, Penutup dan Acara tambahan Foto Bersama.

Kegiatan ini turut dihadiri Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr (Han), Wakil Bupati Seluma DRS. Gustianto, Dandim 0425/Seluma Letkol Inf Syafrinaldi, S.E., Dandenpom II/1 Bkl, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Bengkulu, unsur Forkopimda Kab. Seluma dan Guru SMA/SMK Kab. Seluma serta Siswa/Siswi SMA/SMK se-Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.

( Penrem041 )

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku