Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Misi Penyelamatan Nyawa, Damkar Kota Bertarung Lawan Kobaran Api

Damkar Kota Saat Padamkan Kobaran Api Yang Hanguskan Ruko Di Jalan Salak Raya. Sabtu, (18/05/2024). (Dian/MataDian.Com).

MataDian.Com – Bertarung melawan kobaran api demi misi menyelamatkan nyawa manusia bukanlah tugas yang mudah karena sangat berbahaya dan penuh resiko, itulah yang dilakukan oleh tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu.

Seperti saat kejadian kebakaran bangunan ruko tiga pintu di Jalan Semangka Raya Kelurahan Panorama Sabtu malam, (18/5/24), perjuangan tim damkar patut diacungi jempol karena berhasil menyelamatkan empat orang korban yang terjebak di dalam salah satu ruko yang sudah dikelilingi api.

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu Yuliansyah membenarkan bahwa dalam peristiwa kebakaran itu nyaris memakan korban jiwa bila saja petugas damkar tidak bergerak cepat menerobos masuk ke dalam bangunan, meskipun dua petugas damkar juga harus dilarikan ke rumah sakit.

Empat korban yang berhasil diselamatkan keluar dari kobaran api merupakan satu keluarga yang tinggal di ruko yang menjual manisan, masing-masing Wahyu, Rosike dan dua anaknya yang bernama Naurah dan Aksan.

Sedangkan dua ruko lainnya yang ikut terbakar milik Habib pedagang sayuran dan Udin yang membuka usaha rumah makan di ruko tersebut.

“Alhamdulillah tim di lapangan berhasil menyelamatkan empat korban yang terjebak api di dalam ruko. Korban dilarikan langsung ke rumah sakit, dua orang petugas kita juga dilarikan ke rumah sakit karena sesak nafas,” ujar Yuliansyah sembari mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui.

Kronologi kejadian, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu menerima laporan kebakaran dari warga yang datang ke POS 2 yakni terbakarnya 1 unit bangunan ruko 3 pintu.

“Menanggapi laporan tersebut kita mengerahkan POS 2 sebagai Pos teredekat untuk menuju ke TKP, kemudian disusul 8 POS lainnya. Setelah sampai di lokasi tim langsung melakukan pemadaman pada bangunan yang berada di sebelah/sekitar untuk melokalisir rambatan api, dikarenakan kondisi jarak antar bangunan yang berdempet, selanjutnya tim melakukan pemadaman secara terpusat ke titik api,” jelas Yuliansyah.

Kemudian petugas mendengar kesaksian dari salah satu warga bahwa masih ada 4 orang penghuni ruko manisan yang terjebak di dalam ruko yang penuh kobaran api.

Mendengar info tersebut, tim dengan sigap dan behati-hati mencoba masuk lebih dalam dengan keadaan kobaran api yang masih besar. Tim berhasil masuk ke dalam bangunan dan berhasil menyelamatkan 4 penghuni yang terjebak, kemudian dengan segera membawa korban yang selamat menuju ke ambulan yang selanjutnya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum M. Yunus.

“Selain 4 orang penghuni ruko yang terjebak, ada pula 1 orang penghuni bernama Holidin yang sedari awal sudah berhasil menyelamatkan diri, namun penghuni terebut tidak sadarkan diri dan sudah dilarikan kerumah sakit lebih awal,” terang Yuliansyah.

Yuliansyah melanjutkan, menurut informasi dari korban yang selamat, Rosike asal mula api berawal dari sudut sebelah kiri depan ruko, lalu dengan cepat api melahap bagian atap ruko kemudian merambat ke bagian tubuh bangunan ruko lainnya.

“Alhamdullilah dengan kerja sama tim yang saya pimpin langsung, api dapat dijinakkan dengan cepat tepatnya pada pukul 22:30 WIB dan kemudian dilakukan pendinginan,” demikian Yuliansyah.(**)

 

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku