Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Pengenalan Manfaat dan Bahaya Listrik Sejak Dini, PLN Berikan Edukasi Kepada Siswa Sekolah Dasar

Rombongan guru dan siswa-siswi SD Langit Biru

MataDian.Com, Bengkulu – PT PLN (Persero) UPT Bengkulu menerima kunjungan studi rombongan guru dan siswa-siswi SD Langit Biru pada hari Kamis (23/11) bertempat di kantor PLN UPT Bengkulu untuk pelaksanaaan kegiatan Edukasi Pencegahan Kecelakaan Listrik dan Pengenalan Sistem Tenaga Listrik.

Rombongan studi diterima langsung dan disambut hangat oleh Manager PLN UPT Bengkulu, Teguh Dwi Rahmansyah. Dalam sambutannya, Teguh mengatakan bahwa edukasi ini merupakan bagian dari program kerja PLN untuk senantiasa melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat dan bahaya kelistrikan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada masyarakat, khususnya siswa-siswi yang hadir pada kegiatan kali ini, untuk memahami proses aliran listrik serta bagaimana menggunakan atau menghindari bahaya listrik,” ungkap Teguh.

Selain itu, Teguh juga menyampaikan harapan agar siswa-siswi SD Langit Biru untuk dapat belajar dan memahami tentang listrik di kehidupan sehari-hari. “Harapan kami disini adik-adik bisa bercerita bahwa PLN itu seperti apa, bagaimana lampu dapat menyala. Sehingga mereka dapat menjelaskan dengan bahasa mereka sendiri secara sederhana, dan yang paling penting yaitu faktor keamanan listrik,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, guru pendamping dari SD Langit Biru, Nanang Tri Haryanto, menerangkan antusiasme anak didiknya untuk mempelajari listrik secara langsung. “Dalam keseharian, ternyata anak-anak sering melihat peralatan listrik, namun belum paham kegunaan dan bahaya dari peralatan tersebut. Harapan kami anak-anak paham tentang listrik, bagaimana menggunakan atau menghindari bahaya listrik”, ujar Nanang.

“Oleh karenanya, kami coba ajak mereka berkunjung ke perusahaan listrik PLN sebagai pelaksana transmisi di kota Bengkulu. Kita coba belajar langsung di lokasi PLN sehingga anak-anak dapat menerima informasi dari sumber yang berkompeten,” imbuhnya.

Edukasi pengenalan listrik ini dipimpin langsung oleh Team Leader K3 dan Keamanan PLN UPT Bengkulu, Abdul Aziz Ichwani. Penyampaian materi dikemas dalam acara yang sederhana dan menyenangkan sehingga siswa-siswi kelas 3 dapat mencerna dan memahami informasi yang diberikan. Tak hanya itu, siswa-siswi diajak untuk melakukan diskusi dan bercerita tentang listrik dengan disisipi _fun games_ dengan berbagai hadiah manarik.

Di penghujung kegiatan, rombongan studi SD Langit Biru diajak berkeliling di lingkungan kantor PLN UPT Bengkulu dan Gardu Induk Sukamerindu untuk melihat dan berkenalan secara langsung bagaimana listrik dapat disalurkan hingga sampai ke rumah mereka.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku