Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Zuriat Bangsawan Palembang Darrusalam Korwil Bengkulu Resmi Dikukuhkan

MataDian.Com – Pengurus Zuriat Bangsawan Palembang Darrusalam (ZBPD) Korwil Bengkulu periode 2023 – 2028 resmi dikukuhkan, Selasa (31/1/2023 bertempat di Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan ini sinergi antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan Kesultanan Palembang Darrusalam semakin terjalin.

“Selamat menjalankan tugas, kepada Korwil Bengkulu dan kawan-kawan yang sudah dikukuhkan, buatlah kegiatan-kegiatan yang praktis namun penuh akan kebersamaan, ini menjadi wadah organisasi kultural asal daerah, sehingga nanti menjadi wadah silaturahmi, bikin kegiatan sinergikan dengan pemerintah,” jalas Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin pun menambahkan bahwa semangat kebersamaan harus terus dibangun, karena Bengkulu adalah sebuah bangunan besar yang berisi berbagai macam suku juga adat istiadat juga budaya yang saling menguatkan.

“Saya pernah punya mimpi disaat ulang tahun provinsi Bengkulu yang sarat akan adat budaya tampil kesenian-kesenian asal daerah masing-masing yang diracik dalam satu pertunjukan bahwa Bengkulu begitu berwarna,” jelasnya.

“Mari kita saling memperkuat ibarat menyusun batu bata kita menyusun sebuah tembok, satu sama lain kita saling mengisi, saling menguatkan, hingga terasa betul ini menjadi bangunan kita bersama,” ajak Gubernur Rohidin yang sebelumnya telah dianugerahi gelar Pangeran Wira Mandala dari Kesultanan Palembang Darussalam yang diberikan langsung oleh Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin.

Gubernur Rohidin dianggap sebagai seorang pemimpin yang mampu menaungi seluruh rakyatnya. Pangeran Wira Mandala memiliki arti yaitu Wira berarti pemimpin atau pahlawan dan Mandala adalah kekuasaan atau teritorial.

Sementara itu Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menjelaskan pelantikan Zuriat Bangsawan Palembang Darrusalam (ZBPD) Korwil Bengkulu periode 2023 – 2028 adalah untuk mengangkat kembali marwah, kearifan serta adat istiadat Palembang Darrusalam.

Menurutnya beberapa pelaku pelestari wong Pelembang saat ini 60 persen sudah tergerus, di mana pengrajin keris sudah tidak ada lagi, juga beberapa pembuat batik.

“Maka dari pada itu pelantikan Zuriat Bangsawan Palembang Darrusalam ini dapat mengangkat kembali jati diri wong Palembang Darussalam,” jelas Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku