Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Berdasarkan Fakta Lapangan Dan Penilaian Tim, Bappenas RI nyatakan Bengkulu Masuk 12 Provinsi Terbaik Pembangunan Daerah 2024

Tim Penilai Bappenas RI

MataDian.Com – Tim penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 melakukan peninjauan langsung ke Provinsi Bengkulu pada Jumat (15/3). Peninjauan dilakukan oleh Tim penilai PPD 2024 dalam rangka pengeceķan fakta lapangan.

Total, ada duà kabupaten yang dikunjungi yaitu Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Utara.

Selama proses peninjauan ke Kabupaten Kepahiang, Tim penilai PPD 2024 melakukan peninjauan dì Desa Mekar Sari Kabawetan dengan melakukan pengecekan Lab Pupuk Urine Sapi, Gudang Bahan Mentah serta Fermentasi Pupuk, Demplot Bawang dan Koprasì Kelompok Masyarakat Maju.

“Kami dari Bappenas dan ini Komisi Ombudsman RI membantu kita melakukan penilaian di daerah mana (Indonesia) yang pencapaian pembangunannya itu bagus, penyusunan perencanaannya juga bagus. Kemudian dia (daerah) melakukan inovasi yang bagus untuk pertumbuhan ekonominya, jadi kita kalau melihat ekonominya dari komponen inovasinya,” kata Budhi Santoso Selaku Tim Penilai PPD 2024.

Setelah melakukan peninjauan di Kabupaten Kepahiang, Tim penilai PPD bergerak melakukan peninjauan ke Kelompok Wanita Tani di Kabupaten Bengkulu Utara tepatnya di Desa Marga Sakti Kecamatan Padang Jaya.

Hasilnya, Tim Analisa Kebijakan Bappenas RI Budhi Santoso menyatakan, pembuktian fakta lapangan di Provinsi Bengkulu sudah 70% sesuai dengan laporan yang diterima dari tim penilai dan membuat Bengkulu masuk 12 Provinsi terbaik Pembangunan Daerah 2024.

“Bengkulu ini sudah lolos dari 34 provinsi dan sekarang masuk tahap selanjutnya yaitu 12 provinsi terbaik dalam hal inovasi daerah. Kemudian nanti disaring lagi menjadi 3 provinsi, dan diundang ke Jakarta untuk diberikan penghargaan oleh Presiden RI Joko Widodo. Data-data kita cek, sekarang (ini) dalam rangka pembuktian fakta di lapangan, hasilnya sejauh ini terkonfirmasi sudah lumayan 70% sesuai data laporan yang telah diterima dengan penilaian yang ada di lapangan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Yuliswani optimis hasil peninjauan dari Tim PPD 2024 nantinya akan membawa Provinsi Bengkulu menjadi 3 Provinsi penerima PPD 2024 dari Presiden RI Joko Widodo.

“Kita sudah melakukan pengecekan bersama dan analisa bersama dari tim penilai PPD 2024, kita harus optimis nantinya Beñgkulu dapat ditetapkan 3 provinsi sebagai Penerima Pembangunan Daerah 2024 dari Presiden,” tutupnya.

Untuk diketahui, Tim penilai Penghargaan Daerah 2024 ini terdiri dari perwakilan Bappenas RI dan Ombudsman RI. [MC]

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku