Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Menjelang Perayaan Tabot, Dispar Provinsi Sudah Lakukan Persiapan

Karmawanto

MataDian.Com – Tabut (Tabot), merupakan salah satu kebudayaan masyarakat Bengkulu. Diperingati setiap tahun pada bulan Muharam selama 10 hari. Mulai dari tanggal 1 hingga 10 Muharam segala ritual dan perayaan itu dilaksanakan.

Pada tahun 2023 sekarang ini, perayaan tabut dimulai sejak tanggal 19 hingga 29 Juli, akan dilakukan semeriahkan mungkin.

Menjelang semakin dekatnya waktu perayaan, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu, sudah melakukan berbagai persiapan, Seperti melakukan pembentukan kepanitiaan, melakukan perjanjian kerja sama dengan Kerukunan Keluarga Tabot (KKT), dan Asosiasi Seniman Bengkulu (ASB) kata Kadis Pariwisata Karmawanto kepada MataDian.Com, diruang kerjanya. Senin, (10/7/23).

Lanjut Karmawanto, perayaan Tabot saat ini, dilakukan dengan cara dan istilah ‘Semi Mandiri’. Dimana pelaksanaan semi mandiri itu, nantinya semua pelaksanaan kegiatan Tabot sepenuhnya diserahkan kepada pihak KKT. ‘Mulai dari Ritual Tabot, Bazar hingga Pemeran’.

“Hampir 75℅ kegiatan Tabot, pelaksanaannya dilakukan oleh KKT”, sampai Karmawanto.

Pada malam pembukaan perayaan Tabot, Dinas Pariwisata melakukan bersama Kementerian Pariwisata. Karena, menurut Karmawanto Tabot termasuk salah satu agenda Kharisma Event Nusantara (KEN).

Selain dari pada itu, pada perayaan tabot nanti, Bank Indonesia (BI) melakukan kolaborasi dengan Dinas Pariwisata, dimana Bank BI bertepatan dengan pelaksanaan pembukaan kegiatan Kick Off, yaitu ‘Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia’, dan dilakukan pada saat malam penutupan. Demikian Karmawanto. (Dian)

 

 

 

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku