Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Miliki Jati Diri Yang Berkarakter Dan Berintegeritas

MataDian.Com, Bengkulu – Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr ( Han) memberikan kuliah umum kepada Siswa/Siswi SMAN 5 Bengkulu Jl. Cendana No.20, Sawah Lebar Baru, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Kamis (8/12/2022).

Belajar dan belajar terus adalah istilah yang sering dan populer kita dengar dalam dunia pendidikan.
Semangat belajar serta mengaplikasikan antara teori dan praktek menjadi wujud ending dari proses belajar
Berbagai materi pelajaran yang sudah diterima oleh siswa dan siswi setingkat SMA sederajat perlu membutuhkan pengembangan wawasan sebagai generasi muda untuk dapat menentukan arah masa depan secara bijak.
Bahkan perlu dilakukan penguatan untuk lebih meyakinkan kedewasaan serta kepercayaan diri sebagai generasi muda.

Berawal dari keadaan ini sebagai salah satu stockholder dalam satu institusi, pagi ini Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M. Tr ( Han) menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan pihak Sekolah SMAN 5 Bengkulu dan disambut oleh Kepala Sekolah SMAN 5 Eka Saputra, M. PD., Kepala sekolah perwakilan, Wakil Kepala sekolah SMANLI dan para guru dan staf serta para Siswa/Siswi Bengkulu.

Dalam kesempatan ini Danrem 041/Gamas memberikan wejangan berupa pemberian materi Membangun Jati Diri Yang Berkarakter Dan Berintegeritas dimana materi ini merupakan bagian dari Penguatan Bela Negara Bagi Generasi Muda Korem 041/Gamas TA. 2022 dan dengan Sub tema ” Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif, Melalui Kegiatan Penguatan Bela Negara Bagi Generasi Muda, Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air, Semangat Nasionalisme , Dan Menanamkan Kembali Nilai-Nilai Luhur Pancasila ” ini kali yang pertama dilaksanakan
Danrem 041/Gamas dimana sekaligus bersilaturahmi di SMANLI.


Pengutan bela negara ini diikuti siswa dan siswi sebanyak 300 orang yang terdiri dari perwakilan sekolah sekota Bengkulu yaitu sekolah SMAN 11 sekolah dan SMK 9 sekolah.
Sebelum memberikan materi Danrem 041/Gamas menyampaikan sambutan yang diawali dengan ucapan syukur dan sapa kepada Kadisdiknas, Sekdis, para kepala sekolah perwakilan , wakil kepala sekolah dan para guru serta para undangan.

Danrem 041/Gamas terlebih dulu menyampaikan rasa syukur boleh berada di SMANLI yang merupakan sekolah pavorit di Bengkulu,memperkenalkan diri dan menjelaskan Riwayat Hidup (Biodata) baik dalam kehidupan di sipil dan militer.
Bahkan Danrem menceritakan disaat memasuki tempat kegiatan teringat akan masa lalu di tahun 1987 karena disaat itu masih duduk dibangku SMA dan sebagai pengurus OSIS.
Secara singkat Danrem menyampaikan bahwa bukan Danrem yang hebat karena berasal dari orang yang biasa-biasa saja namun memiliki sifat karakter yang mau belajar dan bertumbuh. Kepribadiannya sangat terbuka dengan anak-anak mereka boleh berkembang sesuai dengan karakter yang dimiliki namun tidak terlepas dari arahan orang tua.
Oleh karena itu Danrem menggugah dengan menyampaikan, kita harus mengenal diri kita sehingga dengan sendirinya dapat mengenal serta memiliki karakter dan integeritas yang terpuji.
Bilamana dengan terbangunnya hal tersebut diatas sudah merupakan indikator untuk mewujudkan generasi tangguh, unggul dan bermutu menuju Indonesia emas 2045 harus kokohkan persatuan dan perkuatan Jiwa Nasionalisme serta pegang teguh nilai-nilai Pancasila

“Ditambahkan oleh Danrem dalam kehidupan sehari-hari, kita harus selalu disiplin, disiplin itu akan tertanam dalam diri sendiri apa bila benar-benar kita laksanakan dengan baik. Kita sebagai generasi penerus, tugasnya sekarang mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan menuju Indonesia emas tahun 2045”paparnya.
Dan terakhir Danrem berpesan kepada siswa dan siswi sebagai generasi penerus harus rajin belajar dan ibadah.
“Hormati orang tua dan para guru serta jangan bermain dengan narkoba, karena narkoba dapat merusak semua sendi kehidupan kita.
Dan diakhir sambutannya Danrem mengajak seluruh siswa dan siswi untuk selalu memegang teguh bahwa NKRI adalah Harga Mati.

Sebelumnya Kadisdiknas provinsi Bengkulu dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas berkenan bapak Danrem mengunjungi bersilaturahmi dan memberikan materi
*Membangun Jati Diri Yang Berkarakter Dan Berintegeritas* kepada siswa dan siswi SMAN 5 serta perwakilan sekolah , ini suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami.
Lanjut Kadisdiknas sekarang ini telah terjadi pergeseran nilai-nilai Karakter pada siswa dan siswi disekolah yang indikatornya terlihat dari sikap dan perilaku dimana dalam sehariannya seorang siswa maupun siswi sudah berani memanggil gurunya Coy, Broo bahkan meminta rokok maupun mancis. Bahkan lebih dari itu yang memperlihatkan lunturnya etika sebagai anak didik, Peradaban yang sudah sangat berbeda. Perbandingannya dulu kita segan dan sangat menghargai guru, ini lah dampak dari pergeseran nilai nilai karakter. Digambarkan oleh Kadisdiknas tidak ada seorang perdana menteri, Danrem, Gubernur, Kadisdiknas dan pejabat lainnya yang hebat tanpa Guru.
Lanjutnya dengan kehadiran Danrem ke sekolah ini kami sangat berharap dapat memberikan wejangan, pandangan, pembinaan, motivasi dan inspirasi yang berkaitan dengan pembentukan karakter nilai-nilai Pancasila kepada siswa dan siswi SMAN 5 serta perwakilan sekolah lainnya dalam mencapai cita-citanya.

Adapun susunan acara pemberian materi ini yaitu : Pembukaan , Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Do’a, Sambutan Kadisdiknas provinsi Bengkulu, Sambutan Danrem sekligus pemberian materi diawali Pemutaran video singkat profil Danrem 041’Gamas, Diskusi & Tanya jawab, Menyanyikan lagu Bagimu Negeri, Penutup dan Acara tambahan Foto Bersama.

Kegiatan ini dihadiri oleh Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M. Tr ( Han), Kadisdiknas Provinsi Bengkulu Drs. Eri Yulian, M. Pd, Kasiter Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Arif Dipayana, S. I. P., M. M , Dandim 0407/KB Kolonel Inf Hendriawan Senjaya, S. E., M. Tr.(Han) , Sekdis Diknas Provinsi M. Syahjudin, M. Pd, Kepala Sekolah SMAN 5, Pasi Bakti Siterem 041/Gamas, Wakil Kepala sekolah , para Kepala sekolah perwakilan, para guru serta Siswa Siswi perwakilan se-kota Bengkulu.
( Penrem041 )

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku