Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Alaku

Wadahi Aspirasi Dan Kepentingan Masyarakat Desa Melalui TMMD

MataDian.Com – Danrem 041/Gamas diwakili oleh Kasiter Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Arif Dipayana, S.I.P,.M.M menghadiri upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke – 116 Tahun 2023 Kodim 0425/Seluma di Lapangan Pemkab. Seluma , Rabu (10/5/2023).

TNI selalu berbuat yang terbaik dan menjadi solusi ditengah kesulitan masyarakat. TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) merupakan suatu wujud yang menggambarkan bahwa kebersamaan TNI Rakyat masih terus terpelihara dan dijaga yang sering di dengungkan dipersada Nusantara yaitu Semangat Kemanunggalan TNI – Rakyat.

Dalam upacara pembukaan TMMD Ke-116 dengan Tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”. bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Seluma. Erwin Octavian, S.E, Komandan Upacara Pasiintel Kodim 0425/SLM Letda Inf Yan Wardana, Perwira Upacara Pasi Ter Dim 0425/Seluma Kapten Kav Dedi Iskandar , dengan melibatkan pasukan upacara terdiri dari Satgas TMMD, Kodim 0425/Seluma, Brimob, Polres Seluma, Satpol PP, Dishub dan Pramuka.

Adapun urutan acara pada pembukaan TMMD Ke – 116 sebagai berikut : Laporan Perwira upacara kepada Inspektur upacara, Inspektur Upacara memasuki Lapangan Upacara, Inspektur Upacara tiba dimimbar upacara, Penghormatan pasukan kepada Inspektur upacara, Laporan Komandan upacara kepada Inspektur upacara dilanjutkan pemeriksaan pasukan, Laporan Kesiapan pelaksanaan TMMD oleh Dansatgas, Pemasangan tanda pita dan penyerahan alat kerja oleh Inspektur upacara kepada perwakilan yang telah ditunjuk, Amanat Inspektur upacara dilanjutkan dengan pernyataan Pembukaan TMMD Reguler Ke-116, Penandatanganan kesepakatan kerja, Andika Bhayangkari, Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur upacara, Penghormatan pasukan kepada Inspektur upacara, Pembacaan Doa, Inspektur Upacara meninggalkan Lapangan Upacara, Laporan Perwira Upacara kepada Inspektur upacara dan upacara selesai.

Dalam sambutannya Bupati Seluma Erwin Octavian, S.E. menyampaikan beberapa hal yaitu menyampaikan menyambut baik serta sangat mendukung atas apa yang diprogramkan oleh Kodim 0425/SLM melalui TMMD Reguler ke – 116 yang dilaksanakan di Kelurahan
Talang Saling Kec. Seluma Kab. Seluma dengan 2 sasaran Fisik dan 11 sasaran Non Fisik. Dimana hal ini merupakan perwujudan tupok TNI dalam undang-undang nomor 34 yaitu membantu tugas Pemerintahan. Dalam kegiatan ini juga akan terbangun semangat kebersamaan yang dapat mendekatkan TNI dengan Rakyat , tentunya dapat meningkatkan Spirit nilai-nilai kemanunggalan dan semangat gotong royong. Lanjut Bupati mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak dan Elemen masyarakat yang terlibat dan mendukung baik secara moril dan materil menyukseskan kegiatan TMMD Reguler Ke – 116 semoga kegiatan ini dapat menyentuh langsung di hati masyarakat.

Perlu kita ketahui bahwa Program TMMD Reguler Ke 116 Kodim 0425/SLM merupakan sarana untuk membantu Pemerintah Daerah Kab. Seluma dalam memberdayakan masyarakat, mengatasi kesulitan yang terjadi di wilayah serta meningkatkan akselerasi pembangunan ditingkat desa, sehingga diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian di masyarakat khususnya masyarakat di Kelurahan Talang Saling Kec. Seluma. Mari kita jaga selalu semangat dan kegotong royongan yang sudah terjalin selama ini antara TNI, Pemda dan Masyarakat dan secara resmi kegiatan ini saya nyatakan dibuka, tambahnya. Setelah membacakan amanat langsung menyampaikan pernyataan Buka pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke – 116 Tahun 2023 yang ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan Berita Acara serah terima Program TMMD dari Bupati Seluma kepada Dandim 0425/SLM.

Kegiatan TMMD akan dipusatkan di Kelurahan Talang Saling, Kecamatan Seluma Kab. Seluma selama 30 hari dimulai dari tanggal 10 Mei 2023 sampai dengan tanggal 8 Juni 2023 yang terdiri dari kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik meliputi : Pembukaan badan jalan 2,1 KM X 13 M, Jembatan Sementara Batang Kelapa 6 Unit. Sedangkan kegiatan Non fisik berupa : Kegiatan Pelayanan KB & Posyandu, Kegiatan Pelayanan Pengobatan Gratis, Kegiatan Stunting, Kegiatan Penyuluhan tentang Bela Negara, Kegiatan Penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan, Kegiatan Penyuluhan tentang Pertanian, Kegiatan Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba, Kegiatan Penyuluhan tentang Kamtibmas, Kegiatan Penyuluhan tentang Bintal & Kerukunan Antar Umat Beragama, Kegiatan Karhutla dan Kegiatan Pemutaran Film Perjuangan.
Setelah upacara pembukaan dilanjutkan acara tambahan yaitu Pemberian bantuan alat olahraga kepada masyarakat, Foto bersama dan Peninjauan pengobatan gratis oleh Bupati Seluma serta hiburan masyarakat.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan TMMD ke – 116 Danrem 041/Gamas diwakili oleh Kasiter Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Arif Dipayana, S.I.P., M.M., Bupati Seluma Erwin Octavian, S.E, Ketua DPRD Seluma Novi Andesca, SH, Dandim 0425/Seluma Letkol Inf Syafrinaldi, S. E, Kapolres Seluma AKBP Eko Prastyo S.I.K, M.H, Kajari Seluma Wuriadhi Paramita, SH. MH, Ka pengadilan Agama Seluma, Wakil Bupati Seluma, Sekdakab Seluma, Kapolsek Seluma, Danposal Seluma, Para Dan/Ka Satdisjan, Kepala OPD, Camat, Lurah/Kades jajaran Pemkab. Seluma, Tomas, Toga, Toda dan Todat Kab. Seluma.

*(Penrem041)*

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku